News

KETOMBE (DANDRUFF / DERMATITIS SEBORRHOEIC)

Ketombe (Dandruff / Dermatitis Seborrhoeic pada kulit kepala) adalah salah satu jenis penyakit kulit (dermatitis) yang terjadi pada daerah yang memproduksi minyak (kelenjar sebasea).

Penyebabnya ada beberapa faktor yaitu :

- Pergantian sel kulit ari

Secara Normal, lapisan kulit yang paling atas (stratum corneum) bila sudah  mati akan digantikan oleh sel-sel kulit dari lapisan di bawahnya. Siklus ini terjadi dalam waktu 14 hari. Siklus ini dapat menjadi lebih singkat bila terjadi gangguan dan menyebabkan sel keratin yang mati tersebut menumpuk dan membentuk gumpalan di folikel rambut sehingga lebih terlihat mata.

- Mikroorganisme

Mikroorganisme penyebab ketombe yaitu Pityrosporum ovale dan Malasezzia furfur. P. ovale sebenarnya adalah flora normal kulit kepala, tetapi bila pertumbuhannya mencapai 74%, timbullah ketombe yang disertai rasa gatal.

- Makanan

Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak dapat merangsang produksi kelenjar sebasea yang dapat mengakibatkan kulit kepala berminyak dan berketombe. Begitu juga makanan yang pedas.

- Hormon

Pada masa pubertas seringkali terjadi ketidakseimbangan hormon, dan hal ini juga menyebabkan kulit kepala menjadi lebih berminyak.

Selain faktor-faktor tersebut diatas, pemicu lain adalah stress, penyakit eksema, kekurangan Vitamin B6 & Zat Besi, dan adanya riwayat alergi.

Cara mengatasinya :

- Cuci rambut secara teratur minimal 2 hari sekali dengan air hangat dan bilas dengan air dingin. Gunakan shampoo anti ketombe yang mengandung asam salisilat, selenium, dan Zinc Pyrithione yang mempunyai efek anti jamur dan anti bakteri.

- Hindari menggaruk agar tidak lecet dan terhindar dari infeksi sekunder.

- Hindari stress

- Hindari pemakaian kosmetik rambut (gel, hairspray, pewarna rambut) dan pengeringan rambut dengan hair dryer dari jarak dekat.

- Hindari makanan yang berlemak dan pedas

- Mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti ikan dan kedelai.

Apabila masalah ketombe sangat mengganggu, konsultasikanlah kepada dermatologis kami agar dapat diberikan perawatan serta pengobatan lanjutannya.

 

Next Last